Iklan
LATEST TWEET

Bermesin Listrik, Mobil ‘Tamiya’ Akan Diwajibkan Jalani Uji Emisi dan Kelayakan

June 30, 2015       Ekonomi & Bisnis, Megapolitan, z_Hot Stuff      
Mobil mainan bermesin dinamo listrik, sering disebut sebagai 'Tamiya', menjadi target baru pemerintah untuk menjalani uji emisi dan kelayakan. Dikarenakan kegagalan beberapa rakitan kendaraan bermesin listrik lolos uji coba tersebut, Kementerian Perhubungan akan mewajibkan semua kendaraan di berbagai ukuran menjalani tes tersebut, serta menggandeng Badan Sertifikasi Nasional untuk mengeluarkan SNI khusus mobil mini berdinamo listrik. (photo courtesy responsejp.com)

Mobil mainan bermesin dinamo listrik, sering disebut sebagai ‘Tamiya’, menjadi target baru pemerintah untuk menjalani uji emisi dan kelayakan. Dikarenakan kegagalan beberapa rakitan kendaraan bermesin listrik lolos uji coba tersebut, Kementerian Perhubungan akan mewajibkan semua kendaraan di berbagai ukuran menjalani tes tersebut, serta menggandeng Badan Sertifikasi Nasional untuk mengeluarkan SNI khusus mobil mini berdinamo listrik. (photo courtesy responsejp.com)

JAKARTA, POS RONDA – Mobil balap mainan bermesin dinamo mini atau biasa disebut sebagai mobil ‘Tamiya’ diperkirakan akan segera masuk dalam daftar kendaraan yang wajib lolos uji emisi dan kelayakan. Hal ini dikemukakan oleh staf khusus Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di bidang otomotif miniatur, Erdy Zulaifin, kepada para wartawan saat berbicara mengenai masa depan kendaraan bermesin listrik di Indonesia.

Dalam acara konferensi pers yang diselenggarakan di kantor Kemenhub, Jakarta, pagi ini (30/6), Erdy menekankan pentingnya uji emisi dan kelayakan tersebut bagi keselamatan berkendara di jalan umum.

“Kita akan mendata apa saja yang harus lolos uji emisi dan kelayakan. Salah satunya adalah mobil Tamiya dan radio kontrol, itu ‘kan menggunakan mesin dinamo dan baterai listrik sehingga harus lolos uji emisi dulu sebelum bisa digunakan secara bebas,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa keputusan untuk mewajibkan mobil Tamiya untuk lolos uji muncul menyusul disitanya 10 kendaraan bermesin listrik hasil pengadaan proyek mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan oleh tim penyidik pidana khusus Kejaksaan Agung. Dalam penyitaan tersebut, pihak Kejaksaan Agung menilai bahwa mobil-mobil bermesin listrik tersebut merupakan proyek gagal dan menghabiskan pajak masyarakat. Berdasarkan catatan Kemenhub, seperti yang dikemukakan oleh pihak Kejaksaan Agung, mobil-mobil tersebut tidak lolos uji kelayakan sehingga tidak dikeluarkan izin hasil tes kemudi.

Untuk mencegah hal ini terjadi kembali, Kemenhub sebagai pihak yang berwenang akan mewajibkan seluruh kendaraan dari berbagai ukuran yang menggunakan tenaga dinamo dan listrik untuk mengikuti uji emisi dan kelayakan.

“Sebagai kementerian berwenang, kita juga tidak mau kalau tiba-tiba nanti mobil-mobil Tamiya itu jalan sedikit lalu overheat. Apalagi jumlah pemilik dan pengguna Tamiya cukup banyak di Indonesia. Belum lagi radio control berbentuk macam-macam, ada mobil, helikopter, pesawat. Kalau tidak ada uji kelayakan, nanti bisa menambah polusi suara. Bagaimana kalau tiba-tiba terbakar, jatuh, atau melenceng jalur dan menabrak orang?” jelasnya.

Saat ditanya oleh para wartawan mengenai urgensi dari kebijakan tersebut mengingat penggunaan Tamiya dan radio control biasanya tidak digunakan di jalan umum, Erdy mengaku pihaknya tidak ingin mengambil resiko.

Menurutnya, kebiasaan tersebut tidak bisa dijadikan standar. “Bisa saja ‘kan ada orang yang pakai dua buah Tamiya untuk jadi sepatu roda di jalan raya. Saya pernah lihat aksi seperti itu di tayangan Jackass, jadi jelas bahaya. Yang jelas kami tidak akan ambil resiko mengenai keselamatan. Kemenhub akan bekerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional untuk ini. Tiap Tamiya harus mendapat lolos uji emisi dan kelayakan, lalu mendapat standar SNI. Ini tanggung jawab masing-masing pemilik.”

Erdy mulai tampak geram dan resah setelah para wartawan bertanya lebih lanjut dan membandingkan uji kelayakan antara Tamiya dan kendaraan-kendaraan umum yang kini beredar di jalan-jalan dan mengangkut penumpang. Salah satu yang dikemukakan adalah bus umum yang ternyata mudah terbakar namun lolos uji kelayakan dan hingga kini masih beroperasi.

“Kamu itu bagaimana, pertanyaannya ke mana-mana? Ini sedang bicara soal uji kelayakan Tamiya, uji emisi. Jangan dijadikan uji emosi buat saya! Pokoknya harus diuji. Tentunya nanti akan ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk administrasinya dan biaya khusus,” ujarnya menutup sesi tanya jawab. (SMG/RHR)

 

====

 

DISCLAIMER

Iklan

Shaka

Other posts by

34 Responses

  • ucup

    on June 30, 2015, 08:31:39

    ngena banget bang bahasanya.. DEG.
    mobil-mobilan anak saya yang 2 motor bisa 2x lipat pajaknya.

    Reply to ucup
    • Rk8

      on November 5, 2017, 13:27:23

      Gokil tamiya&rc tamiya harus uji emisi. Klo truk tamiya buat kir sekalian dan plat nomor. Skalian hp uji emisi

      Reply to Rk8
  • SangPengembara

    on June 30, 2015, 10:58:32

    Asli ngakak baca berita ginian..salut buat pak mentri yg punya ide jenius spt ini..sekalian pak cukur kumis elektrik sama pengering rambut juga diuji..kita gak mau nanti kejadian ada kumis yang kependekan dicukur atau modelnya jadi butut gara2 cukur kumis elektriknya gak lolos uji..juga kasian ntar yg pake pengering rambut kl rambutnya tiba2 jd mohawk gara2 pengeringnya gak lolos uji juga..wekekekekek…emg sekarang udah jaman edan ya semua keblinger..saya hanya rakyat kecil yang bisanya denger petinggi2 negri tercinta ini beretorika kesana kemari sambil menunggu pelaksanaan dari janji2 pencitraan yang sampai saat ini belum dirasakan orang2 cilik (dan gak tau apa bisa terlaksana atau gak itu janji2nya)

    Reply to SangPengembara
  • Astutee

    on June 30, 2015, 14:04:11

    Hellooo pemerintah ini kerjanya sebenernya apa sih? Malah ngurusin soal uji emisi buat mesin. Padahal yang harus diperhatiin itu penggunaan ban busa dan teflon yang di luar negeri dilarang karena tidak lolos uji kelayakan jalan. Soal mesin harusnya tidak jadi masalah selama tidak pakai baterai alkaline dan tidak dikilik.

    Reply to Astutee
  • Jokodok

    on June 30, 2015, 21:08:41

    Negoro taek

    Reply to Jokodok
  • Hilfan

    on July 2, 2015, 04:14:04

    hahahhaa…. gokilll… mobil listrik suruh uji emisi….

    Reply to Hilfan
  • Mukti

    on July 3, 2015, 05:02:17

    Makin banyak orang goblok dan gak bermutu yg menempati jabatan-jabatan penting. Indonesia sakit nak.

    Reply to Mukti
  • hikmah sharing

    on July 4, 2015, 02:14:28

    Sekalian pak jok di tag hahaha biar tau

    Reply to hikmah
  • Rosy

    on July 5, 2015, 04:39:49

    Aneh,mentri sekarang yg d urus hobby sekelas mainan aj mlah hrus uji emisi,,,cba uji emisi dri sendiri dlu,,,,bkin kebijakan ko ga mikir yak skrg,,,prcuma aj ad jabatan,,,hedehhh

    Reply to Rosy
  • affan

    on July 5, 2015, 09:14:23

    bener tuh mana janji pemerintah, jangan mau kita di GOROHI

    Reply to affan
  • phepa

    on July 6, 2015, 22:30:05

    Kayak krg krjaan aja pak,msh bny hal lain yg lbh pnting n lbh mndesak utk dslsaikn urusannya drpd ngurusi tamiya kyaknya ni menteri g prnh mainan tamiya mkanya yg diurusi malah hal2 kecil..

    Reply to phepa
    • rank

      on July 11, 2015, 12:27:50

      Itu kebodohan yang di pelihara.

      Reply to rank
  • radicko

    on July 7, 2015, 10:34:02

    Ampun deh. Ga ada kerjaan ya dephub ngurusin tamiya yg notabene hanya mainan. Pake otak juga polusi suara emang maksimum berapa dB sih dibanding metro mini. Bus kota yg polusinya banyak masih boleh jalan. Mobil listrik yg polusinya nol dibilangnya ngeluarin polusi suara. Pernah bandingin ga suara sepeda listrik sama metro mini. Memang kata pak Habibie orang pinter lebih dihargai diluar negeri daripada didalam negeri. Pemerintah kita cuma mikirin duit pribadinya aja.

    Reply to radicko
  • ayub

    on July 10, 2015, 08:45:07

    pengen w makan tuh mentriya,, w gado pake sambel ama jengkol. biar baunya di buang di toilet.

    Reply to ayub
  • christ

    on July 11, 2015, 05:56:47

    maaf ini. saya gagal paham. kalo unek” ada yg salah mohon dikoreksi.
    bukannya uji emisi itu uji gas buang kendaraan. misal mobil.
    sedangkan klo tamiya dan rc. bagi yang pernah main atau liat pasti tahu klo itu mainan kan tidak mengeluarkan emisi sama sekali…. jadi yg di uji apa ya???????? fix gagal paham

    Reply to christ
    • bayu

      on January 17, 2016, 04:23:28

      Haha..Jangan dianggap serius, isi website ini hanya plesetan, parodi.

      Reply to bayu
      • Baim_Wongso

        on January 18, 2016, 05:48:10

        wkwkwkk
        POS RONDA adalah situs yang berisikan tulisan, artikel, dan cerita yang dibuat dan disusun sebagai KARYA FIKSI, bersifat SATIR, dan berfungsi sebagai HIBURAN.

        Reply to Baim_Wongso
  • arick

    on July 12, 2015, 03:11:56

    pak jokowi besok saya minta tolong sama israel buat uji emisi dan kelayakan rudalnya di indonesia,, langsung dikirim ke istana negara yaa,, :v

    Reply to arick
  • berto

    on July 12, 2015, 16:39:00
  • ari

    on July 24, 2015, 20:35:50

    Bukannya su’udzon, tpi sepertinya ada unsur perlindungan terhadap mobil yang menggunakan bensin dan solar serta perusahaan yang menjual itu. Klo diboikot, pemerintah kan rugi besar. Klo orang2 beralih ke mobil listrik, penjualan mobil2 yang pakai bensin dan solar kan turun drastis. Jdinya perusahaan otomotif banyak yg rugi (pajak berkurang drastis), perusahaan minyak bumi rugi jga (tambah drastis penurunannya). Trus dapet darimana hhahaha. Akhirnya, lingkungan dikorbankan demi kemakmuran oknum2 pemerintah tertentu. Mungkin (Wallahu’alam)

    Reply to ari
  • Kunimitsu

    on August 9, 2015, 16:10:33

    Ini di berita satir pada komennya serius :ngakak

    Reply to Kunimitsu
  • afro

    on September 1, 2015, 19:33:59

    wakkkakakaa jir, ini yang komen serius ngeluh” pemerintah gitu bneren nganggep ini web untuk berita beneren ya? wkwk, klo iya ngakak edan

    Reply to afro
  • konichiwa

    on September 3, 2015, 02:18:22

    wakakaka mentri goblok mainan udah bertahun2 lamanya ada baru di uji sekarang, anda kurang kerjaan ngurusin tamiya yg cuma mainan, yg anda liat di film jackass gak akan semudah terjadi di dunia nyata, jadi jagnan bandingin film sama dunia nyata mbah.

    Reply to konichiwa
  • HEHEHE

    on April 5, 2016, 08:46:19

    Buat yang komen serius saya katakan : ANDA GOBLOK. SUMPAH, ANDA GOBLOK DAN TOLOL

    “POS RONDA adalah situs yang berisikan tulisan, artikel, dan cerita yang dibuat dan disusun sebagai KARYA FIKSI, bersifat SATIR, dan berfungsi sebagai HIBURAN.”

    Reply to HEHEHE
  • Draino shines

    on April 5, 2016, 10:20:31

    Ya Tuhan, sebobrok inikh sudah negeri ini…itu mainan, d injek aja remuk… Mirisss hati ini…

    Reply to Draino
  • fajar

    on April 5, 2016, 23:52:13

    ini mentri goblok atau pura pura goblok, atau belom pernah diajarin goblok, mainan anak aja kena uji kelayakan yang alasannya gini lah gitu lah, kayaknya ini mentri perlu disuntik mati atau di rukiyah aja

    Reply to fajar
  • 5555+

    on April 6, 2016, 05:11:17

    Ingat ..!!!!
    POLITIK indonesia akan membawa indonesia ke kehancuran.

    Selengkapnya di sini:
    http://goo.gl/UG94WY

    Reply to 5555+
  • den o

    on April 6, 2016, 06:34:48

    hahahaha kocak nih berita

    Reply to den
  • Bang jack

    on April 7, 2016, 01:38:10

    Bang, ini laptop ane juga peke kipas, kipas itu kan juga pake dinamo, g sekalian diuji emisi? Nanti takutnya kipas ane berubah jadi shuriken terus bisa bunuh orang… usul aje yee

    Reply to Bang
  • vonie11

    on June 16, 2016, 03:40:12

    Bikin ketawa

    Reply to vonie11
  • adel

    on June 16, 2016, 06:21:42
  • alkana

    on August 8, 2016, 14:20:06

    yang koplak thu yang komen, wk wk gak tau satir apa..hello

    Reply to alkana
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

    on February 12, 2017, 12:25:34

    wew, bahasa nya serius sekali. kirain berita beneran 😀

    Reply to Jasa
  • Adhi

    on September 25, 2017, 06:19:40

    Menteri aneh…

    #kurangcuan yah pak..
    sampe tamiya di urusin…

    Reply to Adhi


FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS