Iklan
LATEST TWEET

Jinakkan Dominasi Dolar, BI Akan Datangkan Pawang Sirkus

March 19, 2015       Ekonomi & Bisnis, z_Hot Stuff      
Kecenderungan menguatnya nilai dolar Amerika Serikat terhadap mata uang dunia menjadi sorotan publik, terutama di Indonesia yang nilai rupiahnya terus melemah. Hal ini memaksa Bank Indonesia dan pemerintah untuk mengambil langkah dalam menyelamatkan nilai rupiah dan menjinakkan dolar secara fisik, salah satunya dengan mendatangkan pawang sirkus. (photo courtesy diplomat.so)

Kecenderungan menguatnya nilai dolar Amerika Serikat terhadap mata uang dunia menjadi sorotan publik, terutama di Indonesia yang nilai rupiahnya terus melemah. Hal ini memaksa Bank Indonesia dan pemerintah untuk mengambil langkah dalam menyelamatkan nilai rupiah dan menjinakkan dolar secara fisik, salah satunya dengan mendatangkan pawang sirkus. (photo courtesy diplomat.so)

JAKARTA, POS RONDA – Setelah adanya pernyataan untuk menyiapkan paket kebijakan untuk meredam gejolak rupiah dan menjaga agar dolar Amerika Serikat (AS) tidak semakin liar, Bank Indonesia (BI) mengambil langkah revolusioner dengan mendatangkan pawang sirkus berkaliber internasional.

Pawang tersebut akan bertugas untuk menjinakkan dolar yang kini cenderung semakin kuat terhadap rupiah. Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara BI, Arfandi Rudyatmo. Langkah ini diambil sebagai ujicoba paradigma baru BI untuk kembali ke dasar aktivitas ekonomi.

“Secara konvensional, BI dan pemerintah telah mengeluarkan delapan paket kebijakan beberapa hari yang lalu. Setelah melalui tahapan pre-evaluasi awal, kami mendapati kebutuhan untuk memperlakukan masalah ini dengan cara pandang yang baru, yaitu dengan langsung menjinakkan dolar secara fisik agar tidak terlalu kuat dan liar,” ujarnya dalam konferensi pers di kantor BI, Jakarta, kemarin (18/3).

Dalam pandangan ini, Arfandi menambahkan bahwa BI akan menyamakan hukum pergerakan nilai dolar dan rupiah dengan hukum rimba. “Kami harus mengakui bahwa pergerakan nilai di perekonomian dunia semakin volatile dan tidak bisa diprediksi. Ini menyebabkan naik-turunnya nilai dolar menjadi tidak terkendali. Dengan sebatas rumor mengenai apa yang akan dilakukan The Fed (Bank Sentral AS), harga bisa naik dan turun seketika. Kita bisa bayangkan dolar seperti apex predator (pemangsa puncak) di dunia fauna yang siap menerkam mangsa. Rupiah, jujur saja, ada di bagian dasar rantai makanan. Bagaimana cara mengatasi apex predator? Dengan menjinakkan atau membunuhnya.”

Arfandi mengatakan bahwa pihaknya mengakui cara ini sedikit kontroversial. Namun langkah ini harus diambil bila BI ingin bertindak sebagai pionir dalam usaha pengendalian stabilitas nilai mata uang. Cara ini kurang lebih sama seperti saat ada wacana untuk menjadikan ubi jalar sebagai cadangan devisa dalam kasus banjir impor pangan di bulan Juni tahun lalu, meski akhirnya tidak jadi dilakukan.

Meski demikian, belum ada kepastian siapa pawang sirkus yang akan dipilih untuk menjinakkan dolar AS. Pihak BI sendiri mengaku telah mengantongi banyak nama yang berasal dari sirkus-sirkus kenamaan di luar negeri, namun juga terdapat nama yang berasal dari tempat-tempat di Indonesia yang terbiasa menangani hewan buas seperti Taman Safari maupun Kebun Binatang Ragunan.

Para pengamat mengaku kurang yakin terhadap rencana BI ini. Pada dasarnya mereka menilai bahwa kemampuan pawang untuk menjinakkan singa, harimau, dan binatang buas lainnya belum tentu efektif untuk menjinakkan mata uang dolar AS. Meski demikian, mereka memberikan apresiasi karena BI mencoba untuk berpikir di luar kebiasaannya yang konservatif. (SMG)

 

====

 

DISCLAIMER

Iklan

Shaka

Other posts by

One Respond

  • Meng Gading

    on March 19, 2015, 18:41:12

    mending datangkan aja pawang ujan dari bogor tuh..di bogor kan banyak ada pawang ujan makan nya sering ujan dsana dan dikirm ke jkt airnya…wekeke…sapa thu org jkt bisa jual air ujan buat nambah dollar
    btw, ada yg masih pake kartu nama dr kertas? ayo ganti dgn kartu nama online, taruh/embed kartu nama di blog/website dgn mudah, buat dan bertukar kartu nama di berkenalan.com: https://berkenalan.com

    Reply to Meng


FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS