Iklan
LATEST TWEET

Bank Mulai Buka Keran KPR Bagi Praktisi Babi Ngepet

March 04, 2015       Ekonomi, z_Hot Stuff      
Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan hal yang diperlukan banyak orang ketika akan membeli tempat tinggal. Sayang, pengurusan dan persyaratannya seringkali membuat mereka yang berprofesi sebagai pekerja lepas ataupun tidak berpenghasilan tetap kesulitan mendapatkannya. Bank Paranatura Internasional meluncurkan program KPR baru untuk para pekerja freelance di bidang klenik, namun baru membukanya kepada para praktisi babi ngepet. (photo courtesy kontan.co.id)

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan hal yang diperlukan banyak orang ketika akan membeli tempat tinggal. Sayang, pengurusan dan persyaratannya seringkali membuat mereka yang berprofesi sebagai pekerja lepas ataupun tidak berpenghasilan tetap kesulitan mendapatkannya. Bank Paranatura Internasional meluncurkan program KPR baru untuk para pekerja freelance di bidang klenik, namun baru membukanya kepada para praktisi babi ngepet. (photo courtesy kontan.co.id)

JAKARTA, POS RONDA – Mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi sebagian orang tidak mudah untuk dilakukan, terutama bila orang tersebut tidak memiliki penghasilan tetap ataupun bekerja sebagai pekerja lepas (freelance). Hal ini terjadi sebab banyak bank biasanya membutuhkan jaminan penghasilan rutin bagi pemohon KPR.

Salah satu bank di Indonesia, PT. Bank Paranatura Internasional, meluncurkan program baru yang ditujukan bagi para praktisi supranatural, terutama babi ngepet. Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur Pemasaran Bank Paranatura Internasional, Cagak Cahyanto, dalam acara peluncuran program Kredit Perumahan Klenik (KEPRUK) di kantor pusat Paranatura di Kawasan Niaga Terpadu SCBD, Jakarta, pagi ini (4/3).

“Ini adalah langkah pertama kami dalam menciptakan keadilan kredit dan pinjaman. Apabila biasanya para pekerja lepas dan berpenghasilan tidak tetap sering kesulitan mendapatkan dana KPR, maka kami berharap program ini bisa memudahkan mereka,” harapnya.

Meskipun nantinya akan ditujukan kepada khalayak yang lebih luas, kini program ini baru memfasilitasi para pekerja lepas yang bergerak di bidang klenik, khususnya praktisi babi ngepet.

Menurut Cagak, pemilihan bidang kerja ini dikarenakan oleh program yang baru saja berjalan sehingga tetap membutuhkan konsumen dengan penghasilan yang cukup stabil dibandingkan pekerja lepas lainnya.

“Terus terang, ini dikarenakan programnya masih baru. Kami membutuhkan konsumen yang berprofesi sebagai pekerja lepas namun penghasilannya cukup mapan dan lebih mudah dapat penghasilan dibandingkan mereka yang bekerja dengan jujur. Praktisi babi ngepet akan mendapat prioritas karena kerja sama dengan mereka akan disertai dengan paket asuransi keamanan lilin dan jiwa yang disediakan oleh ParaLife Insurance, sister company Paranatura. Tapi kami berjanji dalam satu hingga dua tahun ke depan, program-program ini akan diperluas jangkauannya,” paparnya.

Lalu bagaimana dengan persyaratannya? Cagak menjelaskan bahwa syarat-syarat yang ada tidak akan memberatkan calon konsumen. “Tentunya yang bersangkutan harus menjadi nasabah Paranatura. Selain itu, hanya dibutuhkan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari kepolisian dan khusus bagi praktisi babi ngepet, harus menyertakan surat pernyataan bahwa tidak akan ngepet di kantor-kantor kami, baik pusat maupun cabang.”

Langkah Paranatura ini dinilai oleh sebagian pengamat perbankan sebagai langkah untuk menambah jumlah nasabah. Sebagai bank yang baru beroperasi dua tahun, Paranatura dinilai sedikit kesulitan untuk menambah jumlah nasabah karena tidak memiliki kemampuan pemasaran seperti bank-bank lainnya. Meski sedikit radikal dan kontroversial, rencana Paranatura dianggap cukup unik karena akan menggarap pasar yang spesifik.

Program KEPRUK Paranatura bahkan mendapat tanggapan awal yang positif dari calon konsumennya. Jono (bukan nama sebenarnya), seorang praktisi babi ngepet senior yang datang dalam acara peluncuran program itu, menyambut gembira.

“Selama ini saya kesulitan kalau mau pinjam uang KPR, karena saya kerjaannya ngepet. Tapi kalau ada KPR buat orang-orang seperti saya, ini membantu sekali. Saya bisa ngepet dari rumah yang layak, bukan kontrakan seperti sekarang. Selama ini saya ngepet pindah-pindah kontrakan, semoga dengan ini saya bisa punya rumah tetap. Saya bisa ajak keluarga saya yang selama ini ngepet di desa untuk ke Jakarta,” ujar pria yang mengaku telah berpengalaman menjadi babi ngepet lebih dari dua puluh tahun ini.

Dengan program ini, pihak Paranatura memproyeksikan bahwa jumlah nasabah mereka akan naik hingga dua kali lipat di akhir tahun ini. (SMG)

 

===

 

DISCLAIMER

Iklan

Shaka

Other posts by

One Respond

FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS