Iklan
LATEST TWEET

Rebutan Lahan, Mafia Kuburan Bentrok dengan Genderuwo di TPU Pondok Ranggon

January 21, 2015       Ekonomi & Bisnis, Kriminalitas & Hukum, Megapolitan, z_Hot Stuff      
TPU Pondok Ranggon. Dengan menyusutnya jumlah lahan kuburan di DKI Jakarta, banyak pihak yang mencoba memanfaatkan kondisi ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi maupun kelompok, yang disebut sebagai 'Mafia Kuburan'. (photo courtesy of hannasiahaan.blogspot.com)

TPU Pondok Ranggon. Dengan menyusutnya jumlah lahan kuburan di DKI Jakarta, banyak pihak yang mencoba memanfaatkan kondisi ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi maupun kelompok, yang disebut sebagai ‘Mafia Kuburan’. (photo credits are courtesy of hannasiahaan.blogspot.com)

JAKARTA, POS RONDA – Sekelompok preman yang merupakan orang suruhan dari para ‘Mafia Kuburan’ dikabarkan bentrok dengan para jin, pocong, dan genderuwo yang merupakan penunggu dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa malam (20/1).

Bentrokan tersebut terjadi akibat upaya kelompok preman dan mafia kuburan yang mencoba mengambil alih lahan yang selama ini dijaga oleh genderuwo setempat. Kejadian bermula pada pukul 22.30 WIB saat kelompok preman tersebut beramai-ramai mendatangi wilayah TPU Pondok Ranggon untuk melakukan survei terhadap lahan tersebut.

Merasa terganggu terhadap kedatangan tamu yang tidak diundang, para pocong dan genderuwo setempat mulai melawan dengan melempar batu, kayu, dan kotoran ke arah para preman itu. Tidak terima, para preman pun membalas. Bentrokan besar pun terjadi selama beberapa jam sebelum berakhir sekitar pukul dua dini hari karena dihentikan oleh Satpol PP, dibantu satuan dari kepolisian, perkumpulan paranormal, dan penjaga makam.

Setelah diamankan, ketua kelompok preman, YT (33 tahun), mengaku mendapatkan perintah untuk melakukan survei dan mengamankan lahan TPU. Pekerjaan ini bukan yang pertama kalinya bagi YT, namun ia mengaku tidak mengetahui siapa pemberi perintah tersebut.

“Saya sudah berkali-kali survei dan mengamankan lahan kuburan. Biasanya untuk dijual lagi sama yang ngasih orderan. Tapi saya sendiri nggak pernah ketemu orangnya, bos-bos itu, cuma dapat perintah dari ajudannya lewat telepon atau e-mail kemudian uangnya ditransfer. Nama orangnya juga saya nggak tahu,” papar YT saat ditanyai di Kapolsek Metro Cipayung, dini hari tadi (21/1).

Selama ini, YT mengaku pekerjaannya lancar dan tidak dapat dilacak oleh kepolisian maupun pemerintah provinsi DKI Jakarta. Ia bahkan mengaku pihak yang memberikannya pekerjaan menjamin bahwa pihak berwenang tidak akan dapat mengganggunya. Bentrokan semalam rupanya mengubah nasib YT.

“Tobat, Pak. Saya tobat. Nggak mau lagi urusan sama lahan kuburan. Saya takut ketemu lagi sama yang badannya besar berbulu kemarin, yang matanya ada banyak sama gigi tajam-tajam. Nggak lagi-lagi.” paparnya memelas. Saat memberi keterangan, nampak wajah YT hampir tidak berbentuk karena benjol, bengkak, dan memar.

Permasalahan ‘Mafia Kuburan’ memang sedang menjadi sorotan di publik dan media. Dengan makin menyusutnya luas lahan kuburan di Jakarta, maka sebagian orang memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai mata pencaharian dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membentuk jaringan penjualan tanah kuburan secara ilegal.

Kondisi ini juga telah diakui oleh Pemprov DKI, yang merencanakan sistem pembayaran retribusi makam online untuk mengurangi aktivitas ‘Mafia Kuburan’. Belum diketahui apakah solusi ini akan menyelesaikan masalah atau tidak.

Berdasarkan pernyataan kepolisian, YT dan anak buahnya minimal akan dikenakan pasal 156 dan 503 KUHP mengenai gangguan ketertiban umum. Untuk kaitannya dengan keberadaan ‘mafia kuburan’, akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dalam bentrokan tersebut, tercatat 21 preman mengalami luka berat dan ringan, dengan total 27 diamankan oleh kepolisian. Dari pihak penghuni TPU, dua genderuwo tercatat mengalami luka bakar, tiga jin memar-memar, dan tujuh pocong pingsan karena tali pocongnya diambil. Dari pihak berwenang sendiri, seorang petugas Satpol PP tercatat kehilangan kesadaran akibat ketakutan melihat sosok pocong dan genderuwo.

“Rupanya mereka marah karena kegaduhan yang disebabkan para preman itu membuat para tuyul dan kuntilanak menjadi ketakutan. Maka, para genderuwo, pocong, dan jin penunggu langsung membalas. Kalau dari sudut pandang mereka, hanya membela tanahnya dari keburukan yang disebabkan oleh manusia,” ujar Sukadi (56), salah satu paranormal yang membantu meleraikan bentrokan tersebut. Para genderuwo dan pocong setempat tidak dapat diwawancarai karena hari sudah terlanjur pagi.

Dalam kasus ini, tidak ada genderuwo ataupun pocong yang diamankan oleh pihak berwenang, karena kepolisian tidak tahu bagaimana cara menangkap ataupun mengurung mereka di sel tahanan. Selain itu, ada keraguan mengenai apakah pasal hukum manusia berlaku bagi mereka atau tidak. (Sha01)

 

===

 

DISCLAIMER

Iklan

Shaka

Other posts by

23 Responses

  • siape aje

    on January 24, 2015, 03:29:07

    Genderuwo aje gak setuju sama Mafia Kuburan….. Hahahahaha tapi lucu juga….

    Reply to siape
  • video campur-campur

    on January 25, 2015, 02:11:06

    Numpang ngakak di pagi hari. Sekedar mengingatkan, bagi pembaca supaya baca disklaimer dulu…

    Reply to video
  • miow

    on January 25, 2015, 05:54:19

    Like this article so much… lol

    Reply to miow
  • omdee

    on January 25, 2015, 08:49:19

    hahaha ada juga yg luka bakar .. hadeh #ngakak

    Reply to omdee
  • Sapikejepitpohon

    on January 26, 2015, 08:06:21

    Haiyaiyyayyyy……… dari pihak MG ada yg benjol gak ya?

    Reply to Sapikejepitpohon
  • Akbar

    on January 27, 2015, 12:15:47
  • phaeny

    on January 28, 2015, 01:42:43

    Hahaaaaaaaaa

    Wedhhiiiiiii

    Reply to phaeny
  • phaeny

    on January 28, 2015, 01:47:05

    Wakkkkkkk wedhii

    Reply to phaeny
  • twitter auto mention

    on January 30, 2015, 06:56:03

    gebleeeek XP

    Reply to twitter
  • Gungbel

    on January 30, 2015, 12:38:56

    Huahaha gile ada2 aja

    Reply to Gungbel
  • Hardi

    on February 2, 2015, 03:43:13

    ahahahaha nais inpo. ahahaha
    Izin Share ya min, agar semua manusia tidak semena mena terhadap makhluk yang katanya halus. hihihihi

    Reply to Hardi
  • eechzaan

    on March 9, 2015, 10:45:33
  • seto

    on March 10, 2015, 05:04:20

    cocote lah
    mudah mudahan genderwonya cuma berobat jalan, jgn diopname. kasian perawete

    Reply to seto
  • yudhi

    on June 4, 2015, 22:13:25

    Klo menurut saya bentrokan semacam ini seharusnya bisa di hindarkan atau setidaknya di minimalisir bila kedua belah pihak mau menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan dan kepala dingin.
    Pemprov DK* dan pemprov gaib pun diminta dapat menjadi mediator yang baik untuk mencegah kejadian semacam ini terjadi lagi..

    #harapmaklum

    Reply to yudhi
  • Afif

    on September 10, 2015, 09:37:52

    saya harus ketawa atau heran ?? -_-

    Reply to Afif
  • Agung Indra Saputra

    on November 30, 2015, 06:39:57

    Wah main game DreadOut di dunia nyata nieh namanya :v

    Reply to Agung
  • kura-kuramaut

    on November 30, 2015, 08:52:45
  • violin sabrina

    on December 1, 2015, 01:44:51

    Hahahahaha lucu tp takut jg masak gendruwo dan hantu lainya bisa protes”

    Reply to violin
  • AngkkiPS

    on December 1, 2015, 04:35:27

    gak masuk akal :3
    yakinlah mereka hanya kehabisan bahan untuk berita
    wel mereka butuh pengunjung untuk bisa dapat makan

    guys yang muslim percayakan sama kitabnya
    bahlam mahluk yang seperti itu tidak berwujud
    logicanya gini di indonesia ada pocong
    karna orang orang kebanyakan meninggak di pocongin

    tapi di arab gak ada hantu pocong
    hantu di arab yang terkenal adalah Ghoul

    nah bisa di disimpulkan
    semua itu gak bener apa lagi acara tv macam dua dunia,dunia lain,misteri tukul

    semua itu setingan dan acting kita harus pintar mengambil yang baiknya ajah tapi juga jangan mau di bohongi
    teman ku adalah talent yang pernah di bayar jadi orang yang pura pura kesurupan di Dua dunia karna dia anak sanggar acting :v

    Reply to AngkkiPS
    • bego

      on December 2, 2015, 03:50:16

      bro baca dulu tuh disclaimernya hahaha
      jadi org jangan bego bego amat dah

      Reply to bego
  • dean

    on December 1, 2015, 17:56:36

    Aneh dan gk masuk akal bentrok sama makhluk halus.

    Reply to dean
  • Risa

    on December 2, 2015, 19:50:24

    Lucu juga ya , emang bener ?

    Reply to Risa
  • R

    on January 31, 2016, 05:38:51

    unik bgt nih berita mengandung unsur2 sarkastik buat ngejek para mafia kuburan

    Reply to R


FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS