Iklan
LATEST TWEET

Aksi Presiden Bagi-bagi Hadiah Akan Dijadikan Video Game

December 29, 2014       Ekonomi & Bisnis, Hiburan & Seni, Politik, Sosial      
Foto yang sering dikaitkan dengan kegiatan Presiden Jokowi memberikan uang tunai kepada penduduk. Aksi ini mendapatkan perhatian serius dari pengembang piranti lunak yang ingin membuat video game berdasarkan kegiatan ini. (photo courtesy tribunnews.com)

Foto yang sering dikaitkan dengan kegiatan Presiden Jokowi memberikan uang tunai kepada penduduk. Aksi ini mendapatkan perhatian serius dari pengembang piranti lunak yang ingin membuat video game berdasarkan kegiatan ini. (photo courtesy tribunnews.com)

JAKARTA, POS RONDA – Beberapa kegiatan Presiden Joko Widodo membagi-bagi uang tunai dan hadiah langsung untuk penduduk dan rumah ibadah mendapat perhatian serius dari pengembang piranti lunak lokal, Randomindo Softechnologies. Melalui divisi Randomindo Studios, pengembang tersebut akan mengabadikan kegiatan presiden tersebut ke dalam sebuah video game.

Harun Singh, Direktur Pemasaran Randomindo, mengaku bahwa rencana ini muncul sebagai respon terhadap naiknya ketertarikan masyarakat terhadap dunia politik dan pemerintahan. Oleh karena itu, pembuatan game yang berbasis pada aktivitas politik menjadi dinilai cocok untuk menggarap pasar yang belum tersentuh ini. Dan tidak ada karakter yang lebih sesuai dibandingkan presiden sendiri.

“Selama ini sudah terdapat banyak game yang bertema politik kontemporer meski genre ini termasuk baru di Indonesia. Umumnya mereka dibuat oleh pengembang-pengembang independen, dengan gameplay yang sederhana. Kami akan membuat game genre time management ini lebih unik karena bersifat down to earth dengan sentuhan RPG (role-playing game) dan gameplay-nya performance-based. Mudahnya, ini seperti acara Uang Kaget yang dijadikan game dengan penyesuaian khusus.” papar Singh dalam konferensi pers di kantor Randomindo di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pagi ini (29/12).

Ia kemudian menjelaskan mekanisme permainan game yang belum diberikan judul resmi ini. Dalam game ini, para pemain akan mengendalikan iring-iringan pengawalan atau blusukan presiden dalam menjelajah sebuah kota atau wilayah, tergantung tingkatan level game-nya. Apabila pemain melihat ada sosok kakek atau nenek tua, pengemis, tempat umum yang sedang dibangun, dan lain-lain, maka pemain harus sesegera mungkin menghentikan laju iring-iringan tersebut, kemudian sosok presiden Jokowi akan keluar dari mobil atau barisan untuk memberikan sejumlah uang dan hadiah kepada sasaran yang dimaksud.

Pemain juga harus berpacu dengan waktu untuk menemukan sasaran-sasaran yang membutuhkan uang dan hadiah dari presiden. Semakin lama presiden tidak memberikan hadiah, maka tingkat dukungan masyarakat kepada presiden akan semakin turun. Apabila tingkat dukungan turun hingga di bawah 40 persen, maka pemain gagal dan permainan usai (game over). Semakin besar nilai uang atau hadiah yang diberikan, kesempatan mendapatkan kenaikan tingkat dukungan akan lebih tinggi.

Singh juga menceritakan bahwa permainan ini memiliki fitur kunci yaitu liputan media. Dalam setiap iringan pengawalan dan blusukan, terdapat beberapa reporter yang siap meliput apa saja yang dilakukan presiden. Pemain dapat menggunakan para reporter tersebut untuk meliput kegiatan presiden memberikan uang dan hadiah.

Semakin banyak reporter yang meliput dan makin luas jangkauan liputannya, maka tingkat dukungan akan semakin tinggi. Tentu saja, pemain juga dapat menggunakan poin khusus yang dapat digunakan untuk membeli dukungan media massa atau komunitas media sosial untuk jangka waktu tertentu sehingga tingkat dukungan tidak akan turun terlalu cepat.

“Kami masih memikirkan apakah poin khusus ini nantinya bisa didapat melalui achievement tertentu di dalam game atau harus melalui in-app purchase. Saat ini permainan ini dikembangkan dengan basis android dan iOS, tapi kami juga merencanakan untuk membuat versi PC dengan fitur yang lebih banyak lagi. Untuk versi android dan iOS kami rencanakan untuk selesai paling lambat kwartal kedua tahun 2015.” terang Singh, yang yakin bahwa game ini akan memiliki banyak penggemar dan laku keras.

Game yang dikembangkan oleh Randomindo ini bukan yang pertama kalinya menjadikan Joko Widodo sebagai tokoh utama. Sebelumnya, terdapat game “Selamatkan Jakarta” yang berbasis flash dan “Jokowi Kuis”, “Jokowi Jumping”, “Jokowi GO!”, serta “Ayo Jokowi” yang berbasis android.

Menutup konferensi pers, Singh juga menambahkan informasi bahwa pihaknya sedang menyusun konsep video game yang mengangkat karakter politik lainnya, yaitu Kapten Pus, gubernur tandingan DKI Jakarta. (Sha01)

 

===

 

DISCLAIMER

Iklan

Shaka

Other posts by


FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS