Iklan
LATEST TWEET

Sambut Penghuni Baru, Istana Siapkan Jamuan Gado-gado Kemiskinan dan Gulai Kebodohan

October 20, 2014       Politik, z_Hot Stuff      
Istana Negara menyambut penghuni barunya, Presiden Joko Widodo dengan jamuan makanan tradisional berupa gado-gado kemiskinan dan gulai kebodohan. Sajian tersebut sengaja disiapkan oleh para juru masak Istana untuk membantu Jokowi menghadapi masalah-masalah kenegaraan dan kebangsaan yang akan dihadapinya dalam memerintah Indonesia selama lima tahun ke depan. (photo courtesy jakarta.go.id)

Istana Negara menyambut penghuni barunya, Presiden Joko Widodo dengan jamuan makanan tradisional berupa gado-gado kemiskinan dan gulai kebodohan. Sajian tersebut sengaja disiapkan oleh para juru masak Istana sebagai representasi permasalahan apa yang akan dihadapi oleh Jokowi sebagai presiden Indonesia, serta untuk membantu dirinya menghadapi masalah-masalah kenegaraan dan kebangsaan yang akan dihadapinya dalam memerintah Indonesia selama lima tahun ke depan. (photo courtesy jakarta.go.id)

JAKARTA, POS RONDA – Pasca pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia pagi ini (20/10), Istana Negara yang menjadi rumah sekaligus tempat kerja pemegang jabatan tersebut mempersiapkan jamuan khusus sebagai bagian dari penyambutan penghuni barunya.

Para juru masak Istana kali ini mempersembahkan sesuatu yang berbeda dibandingkan biasanya, dengan mempersiapkan jamuan berupa makanan tradisional yang diberi label gado-gado kemiskinan dan gulai kebodohan.

“Kami memang sengaja mempersiapkan resep baru bagi Pak Jokowi. Gado-gado kemiskinan ini isinya kol pengangguran, daun sanitasi, tomat deforestasi, bawang melarat, taoge utang, dan lain-lain, kemudian akan diguyur dengan saus kacang subsidi,” ujar Remo Sulanto, salah satu juru masak yang bertanggung jawab atas acara jamuan malam nanti.

Sementara itu, resep gulai kebodohan terdiri dari berbagai macam daging. Terdapat daging ayam honorer, sapi kurikulum, kambing apatisme, serta ikan beasiswa. Remo menambahkan, selain bahan dan bumbu-bumbu lainnya, dalam pembuatan gulai terdapat santan dengan resep khusus yang dirahasiakan oleh para juru masak Istana. Ia hanya menyebutnya sebagai santan tawuran.

Resep baru ini, menurut Remo, sengaja dikembangkan oleh para juru masak Istana untuk mempersiapkan penghuni baru dalam melaksanakan tugasnya sebagai presiden. Dengan berbagai tantangan yang ada di Indonesia, seorang presiden harus mengenal permasalahan yang akan dihadapinya luar dalam. Salah satu metodenya adalah dengan menyantap makanan yang berkaitan dengan masalah tersebut.

Permasalahan yang akan dihadapi oleh pemerintahan Jokowi jelas tidak mudah. Dari bidang ekonomi seperti masalah kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan, pengadaan infrastruktur serta keperluan menciptakan suasana kondusif bagi para pelaku ekonomi, hingga bidang pendidikan yang sistemnya masih menjadi perdebatan hangat baik di antara publik, akademisi, hingga politisi dan birokrat. Selain itu, kondisi gedung-gedung sekolah yang rusak dan fasilitas penunjang pelajaran yang masih minim juga harus menjadi perhatian pemerintah pusat, tidak hanya daerah.

Pemerintahan baru juga harus mengatasi masalah tidak hanya di dalam negeri, namun juga menyangkut kebijakan luar negeri. Salah satunya adalah potensi masalah yang ada di Laut Cina Selatan serta akan diberlakukannya ASEAN Free Trade Area (AFTA) pada tahun 2015.

“Oleh karena itu kami masukkan resep-resep baru ini dalam agenda hingga lima tahun ke depan. Kami harap Pak Presiden mau menerima proposal kami. Sebagai juru masak Istana, kami juga punya tugas untuk membantu Presiden mempersiapkan dirinya untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di Indonesia, terutama di bidang ekonomi dan pendidikan. Kalau hidangan diibaratkan sebagai problem, tinggal dilahap saja sampai habis.” ujar Remo tegas.

Rencananya, malam ini akan digelar jamuan makan malam kenegaraan di Istana Negara yang akan dimulai pada pukul 19.00 WIB, diselenggarakan oleh bagian Rumah Tangga Kepresidenan, yang membawahi urusan dapur dan para juru masak Istana. Dalam jamuan ini, akan hadir para pejabat negara dan para undangan VIP, termasuk ketua-ketua partai politik dan para kepala negara serta utusan negara sahabat. (Sha01)

 

====

 

DISCLAIMER

 

*Redaksi POS RONDA mengucapkan selamat atas dilantiknya Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019. Semoga keduanya dapat memimpin negara dan pemerintahan Indonesia dengan baik dan mengemban amanat serta harapan masyarakat Indonesia. Selamat bertugas, Jokowi-JK!

Iklan

Shaka

Other posts by

FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS