Iklan
LATEST TWEET

Republik Survei Dideklarasikan, Burhanuddin Muhtadi Direncanakan Sebagai Presiden

July 11, 2014       Pemilu 2014, Politik, z_Featured      
Burhanuddin Muhtadi, pimpinan salah satu lembaga survei di Indonesia, direncanakan untuk menjabat sebagai presiden di Republik Survei yang baru saja dideklarasikan pagi ini (11/7).

Burhanuddin Muhtadi, pimpinan salah satu lembaga survei di Indonesia, direncanakan untuk menjabat sebagai presiden di Republik Survei yang baru saja dideklarasikan pagi ini (11/7).

JAKARTA, POS RONDA – Sejumlah orang yang mengaku berprofesi sebagai peneliti opini publik mendeklarasikan berdirinya negara baru yang bernama Republik Survei dan melepaskan diri dari sistem pemerintahan dan kedaulatan Republik Indonesia. Juru bicara kelompok tersebut, Lukman Charizal, menegaskan hal tersebut dalam orasinya di Tugu Proklamasi, Jakarta, pagi ini (11/7).

Selain mendeklarasikan berdirinya Republik Survei, Lukman juga menyatakan bahwa sosok yang akan dijadikan pemimpin mereka sebagai Presiden Republik Survei adalah Burhanuddin Muhtadi, peneliti opini publik yang menjadi direktur eksekutif salah satu lembaga survei di Indonesia. Meski demikian, Lukman mengakui bahwa kelompoknya juga belum melakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan mengenai deklarasi ini.

“Kami pilih beliau karena tegas dan berani. Pak Burhan dengan gamblang menantang KPU dan kami kagum dengan tindakan itu. Beliau meyakinkan kami bahwa kelembagaan negara dan pemerintah adalah tidak penting dan tidak perlu dihormati. Maka dengan itu kami ingin dirikan negara sendiri dengan beliau sebagai presiden.” ujar Lukman.

Sikap yang dimaksud Lukman adalah pada saat Burhan – panggilan akrabnya – meyakini bahwa hasil hitung cepat  (quick count) pemilihan presiden (pilpres) yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survei lebih akurat dibandingkan hitungan manual (real count) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kalau hasil hitungan resmi KPU nanti terjadi perbedaan dengan lembaga survei yang ada di sini, saya percaya KPU yang salah dan hasil hitung cepat kami tidak salah,” ujar Burhan dalam konferensi pers yang dilakukan pada hari Kamis (10/7) sore seperti yang dilansir oleh Kompas.com.

Di dalam konferensi pers tersebut juga hadir sejumlah pimpinan lembaga survei lainnya yang juga melakukan proses hitung cepat dalam pilpres tahun ini. Mereka menyatakan percaya diri bahwa hitungan yang dilakukan oleh lembaganya masing-masing akurat, maka apabila hitungan manual KPU berbeda, maka hitungan KPU mereka anggap salah karena disinyalir terdapat kecurangan dalam penghitungan suara manual.

Kandidat presiden Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Melalui hasil hitung cepat, keduanya mendeklarasikan diri sebagai pemenang pilpres. Meski demikian, keduanya tetap meminta pendukungnya untuk tenang dan mengawal suara hasil pilpres hingga penentuan hasil akhir oleh KPU. (photo courtesy tempo.co)

Kandidat presiden Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Melalui hasil hitung cepat, keduanya mendeklarasikan diri sebagai pemenang pilpres. Meski demikian, keduanya tetap meminta pendukungnya untuk tenang dan mengawal suara hasil pilpres hingga penentuan hasil akhir oleh KPU. (photo courtesy tempo.co)

Lukman melanjutkan bahwa kelompoknya meyakini pernyataan Burhan dan kawan-kawannya adalah kebenaran sejati. Ia mengatakan bahwa tidak ada hitungan yang lebih hebat selain hitung cepat karena bisa lebih akurat dibandingkan perhitungan dari seluruh populasi sampel yang asli.

“Tidak boleh (salah). Hitungan kami tidak mungkin salah. Kami ini ahli statistik, dengan demikian kami sama hebatnya dengan para dewa. Hitungan kami punya metodenya sendiri, lho. Untuk apa orang-orang hebat seperti kami tunduk pada lembaga pemerintah seperti KPU? Mereka tidak sama levelnya dengan kami.” jelasnya.

Menurut pemaparan Lukman, masih belum diketahui bagaimana bentuk sistem pemerintahan Republik Survei nantinya. Lukman hanya memberi tahu bahwa dalam negara tersebut akan berlaku sistem satu partai, dengan nama Partai Survei Nasional, sebagai otoritas tertinggi. Salah satu aturan yang akan dipakai adalah pernyataan dan peraturan partai tunggal tersebut bersifat absolut dan mutlak.

Dirinya juga sudah mengantongi nama-nama lain untuk ditawari berbagai posisi kementerian dalam Republik Survei. Mereka antara lain Denny J.A., Djayadi Hanan, Husin Yazid, Hasan Nasbi, Nico Harjanto, Umar Bakry, dan puluhan nama lainnya. Menurut Lukman, belum ada satu pun dari nama-nama tersebut yang telah dikonfirmasi olehnya.

Keberadaan dan kinerja lembaga-lembaga survei sendiri menjadi sorotan publik setelah terjadinya perbedaan hasil hitung cepat dalam pilpres. Sebagian besar lembaga survei mengeluarkan hasil hitung cepat yang mengunggulkan pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, dan sebagian lagi menunggulkan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Perbedaan suara kedua kandidat dalam hitung cepat termasuk tipis dan tidak lebih dari lima persen.

Keadaan sempat membingungkan saat kedua pasang kandidat mendeklarasikan diri sebagai pemenang pilpres berdasarkan hasil hitung cepat. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemudian meminta kedua pihak menahan diri dan menghormati proses penghitungan suara manual yang dilakukan oleh KPU sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menghitung dan menentukan hasil akhir dari pilpres.

Perintah presiden SBY kemudian dituruti oleh pihak Prabowo dan Jokowi, yang masing-masing meminta para pendukungnya untuk bersikap tenang dan mengawal proses penghitungan suara dari TPS hingga KPU pusat.

Kotak suara resmi sebagai logistik untuk pilpres 2014. KPU merupakan lembaga negara yang berhak menentukan pemenang pilpres berdasarkan hitungan manual yang dilakukan oleh lembaga tersebut. Presiden SBY meminta semua pihak menghormati proses dan keputusan yang dilakukan oleh KPU. (photo courtesy kontan.co.id dan ANTARA)

Kotak suara resmi sebagai logistik untuk pilpres 2014. KPU merupakan lembaga negara yang berhak menentukan pemenang pilpres berdasarkan hitungan manual yang dilakukan oleh lembaga tersebut. Presiden SBY meminta semua pihak menghormati proses dan keputusan yang dilakukan oleh KPU. (photo courtesy kontan.co.id dan ANTARA)

Ketua LSM Garda Penegak Konstitusi (GAPKON) Sri Rusmi Jayadrata menyayangkan pernyataan Burhan yang dinilainya sombong dan provokatif. Di saat seluruh masyarakat Indonesia tengah bersabar menanti hasil penghitungan manual, tiba-tiba lembaga survei merasa bahwa hitungan mereka lebih akurat dibandingkan KPU.

“Orang-orang seperti ini malah memperkeruh suasana. Sudah jelas semua pihak, presiden, TNI, Polri, hingga kedua kandidat sendiri sudah berusaha untuk membuat suasana tenang hingga ada keputusan resmi dari KPU. Lalu untuk apa pernyataan seperti itu? Tidak lebih dari preman berkedok hitungan statistik dan akademik.” ujar Rusmi saat dimintai pendapatnya siang ini (11/7).

Masyarakat juga harus sadar agar tidak dibingungkan oleh lembaga-lembaga survei tersebut. Hitung cepat pada dasarnya hanya mengambil beberapa ribu sampel dari total keseluruhan jumlah TPS di seluruh Indonesia. Sementara itu, penghitungan manual KPU menghitung suara dari keseluruhan TPS secara nasional. Menurut Rusmi, jelas bahwa hitungan KPU adalah hitungan resmi.

“Ini bukan soal siapa yang diunggulkan dalam quick count, tapi lebih kepada bagaimana seharusnya undang-undang yang berlaku ditaati oleh semua pihak. Seakurat apapun hasil quick count, tetap dia tidak bisa dijadikan hasil resmi karena hanya KPU punya hak tersebut.” paparnya.

Menurutnya, lembaga-lembaga survei harus menghormati hasil penghitungan manual KPU karena menurut undang-undang yang berlaku hanya itulah lembaga negara yang berwenang dalam menentukan hasil akhir proses pemilu dan pilpres. (PG13)

 

====

 

DISCLAIMER

 

DISCLAIMER tambahan:

Artikel ini disusun dengan sampel purposif dengan metode empat tingkat naik-turun yang terdiri dari satu orang penulis dengan tingkat margin error sekitar 90 persen.

Iklan

Shaka

Other posts by

2 Responses

  • Ojobemukiyo

    on July 17, 2014, 17:22:42

    kok ya asih ada ya di repblik ini orang yang waras tapi mengaku tidak waras, hehehe……..

    Reply to Ojobemukiyo
  • Emong

    on February 9, 2016, 15:17:29

    ini postingan yang paling keren dari posronda.

    Reply to Emong


FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS