Iklan
LATEST TWEET

Hasbro dan Mattel Perebutkan Hak Mainan Bertema Jokowi

June 03, 2014       Ekonomi & Bisnis, Internasional, Pemilu 2014      
Joko Widodo, akrab disapa Jokowi, salah satu kandidat capres republik Indonesia. Popularitasnya membuat perusahaan  asing meliriknya untuk memperebutkan hak esklusif produksi mainan bertema dirinya. (photo courtesy liputan6.com)

Joko Widodo, akrab disapa Jokowi, salah satu kandidat capres republik Indonesia. Popularitasnya membuat perusahaan asing meliriknya untuk memperebutkan hak esklusif produksi mainan bertema dirinya. (photo courtesy liputan6.com)

JAKARTA, POS RONDA – Kepopuleran calon presiden (capres) Joko Widodo membuat dua perusahaan mainan kenamaan asal Amerika Serikat (AS), Hasbro dan Mattel, memperebutkan hak untuk memproduksi lini mainan mengenai politisi tersebut.

Perusahaan Hasbro melalui direktur pemasarannya untuk wilayah Asia Pasifik, Freddie Niu, mengungkapkan ketertarikan pihaknya untuk memperoleh hak eksklusif untuk memproduksi mainan bertema Jokowi, panggilan akrab capres tersebut. Niu berharap action figure Jokowi mampu membuka jalan lebih lebar bagi Hasbro untuk masuk ke pasar Indonesia.

Hasbro dikenal sebagai salah satu produsen mainan  terbesar di dunia, dan memproduksi action figure dari franchise terkenal seperti G.I. Joe dan Transformers. Bermarkas di Rhode Island, AS, perusahaan ini lebih memilih untuk memindahkan proses produksi ke wilayah Asia Timur, terutama Cina. Hasbro sebagai sebuah perusahaan kini memiliki aset lebih dari 4,4 milyar dolar AS.

“Popularitas kandidat Joko Widodo di Indonesia tengah menanjak, jadi sangat bodoh rasanya apabila kondisi tersebut tidak kami manfaatkan dengan cara membuat produk yang pasti akan sangat laku di sana.” tulis Niu melalui surat elektronik kepada POS RONDA.

Aktor Dwayne 'The Rock' Johnson berpose bersama action figure karakter GI JOE yang diperankannya. Hasbro berencana untuk memproduksi hal yang serupa bertema Jokowi. (photo courtesy screencrush.com)

Aktor Dwayne ‘The Rock’ Johnson berpose bersama action figure karakter GI JOE yang diperankannya. Hasbro berencana untuk memproduksi hal yang serupa bertema Jokowi. (photo courtesy screencrush.com)

Ia menjelaskan lebih lanjut, dalam proposal yang direncanakan oleh Hasbro, lini action figure perdana akan terdiri dari tiga tipe  ‘Jokowi’ yang dapat dikoleksi oleh para konsumen. Menurut Niu, akan ada paket kolektor yang berisi ketiga tipe tersebut dengan harga khusus apabila produksi lini mainan ini terwujud.

Tipe pertama adalah ‘Jokowi: Original’, yang berbentuk Jokowi menggunakan kemeja kotak-kotak dengan gerakan yang normal. Tipe kedua adalah ‘Jokowi: Routine’, yang berbentuk Jokowi dengan gaya blusukan, dan memiliki fitur khusus berupa botol kemasan berisi air yang bisa diisi ulang untuk dicipratkan kepada action figure agar terlihat berkeringat. Tipe ketiga adalah ‘Jokowi: Underground’, yang termahal di antara ketiganya, karena termasuk kelengkapannya berupa miniatur gorong-gorong bawah tanah yang dapat dimasuki oleh action figure tersebut.

Menurut Niu, proyeksi kenaikan keuntungan bagi Hasbro bila mendapatkan hak eksklusif Jokowi bisa mencapai lebih dari 15 persen. Ini dikarenakan kondisi masyarakat Indonesia sebagai pasar yang sangat menggiurkan dengan angka belanja dan konsumsi yang tinggi.

“Dengan pemasaran yang tepat kami yakin bisa mencapai target tersebut. Semua sudah kami siapkan. Pada saat kami dapatkan hak ekslusif tersebut, maka pada saat itu juga semua lini kami siap produksi dan memasarkan action figure Jokowi.” tambahnya.

Usaha Hasbro untuk mendapatkan hak eksklusif mainan Jokowi ternyata mendapatkan tantangan dari perusahaan ternama lainnya, Mattel. Seperti halnya Hasbro, Mattel  juga merupakan salah satu produsen mainan dan boneka terbesar di dunia. Dengan total aset sekitar 6,4 milyar dolar AS dan mempekerjakan 26 ribu karyawan di seluruh dunia, perusahaan yang dikenal sebagai produsen lini boneka legendaris Barbie serta miniatur kendaraan populer Hot Wheels ini rupanya memiliki rencana serupa.

Boneka Barbie yang legendaris. Semenjak tahun 1959, Barbie adalah produk perusahaan Mattel yang paling laris penjualannya. Mattel berencana untuk membuat boneka Jokowi untuk segmen pasar anak laki-laki. (photo courtesy theguardian.com)

Boneka Barbie yang legendaris. Semenjak tahun 1959, Barbie adalah produk perusahaan Mattel yang paling laris penjualannya. Mattel berencana untuk membuat boneka Jokowi untuk segmen pasar anak laki-laki. (photo courtesy theguardian.com)

Pihak Mattel menyatakan bahwa keputusan untuk memperebutkan hak eksklusif mainan Jokowi tercetus setelah adanya riset pasar di kawasan Asia Tenggara. Dalam salah satu tahap penelitian melalui penelusuran dunia maya, riset pasar Mattel menemukan bahwa penggabungan kata ‘Jokowi’ dan ‘Boneka’ ternyata menghasilkan lebih dari 4 juta entry pada mesin pencari Google.

“Tentu saja kami melakukan riset lanjutan terhadap sosok Jokowi. Dari hasil temuan tersebut, kami mendapati bahwa sosok Jokowi tampak lugu, polos, populer, dan disukai oleh anak-anak. Poin terakhir ini menjadi sebuah kesempatan bagi kami untuk meraih porsi pasar yang lebih besar. Ya, kami akan buat boneka Jokowi seperti boneka Barbie, tapi untuk segmen anak laki-laki.” ujar Manjit Venkatesh, business development executive Mattel untuk wilayah Asia, juga melalui surat elektronik kepada redaksi POS RONDA.

Venkatesh kemudian mengatakan bahwa Mattel akan sebisa mungkin membuat boneka ‘Jokowi‘ lebih dekat dengan aslinya. Dalam hal ini, lanjut Venkatesh, selain boneka utama juga akan ada aksesoris-aksesoris pendukung seperti mainan mobil Esemka, bajaj, dan sepeda yang bisa dinaiki oleh boneka tersebut. Mattel juga akan mempersiapkan edisi khusus kolektor.

“Prinsip kami adalah mengedepankan karakter mainan itu sendiri. Maka, kami juga persiapkan edisi khusus boneka Jokowi bertema selebriti, lengkap dengan aksesoris pengiring seperti action figure para jurnalis dan reporter yang selalu mengikutinya ke mana-mana. Kami bahkan akan memasukkan miniatur helikopter awak media dalam paket tersebut!” papar Venkatesh.

Jokowi saat dalam perjalanan menuju tempat kampanye. Penampilan lugu dan polos Jokowi menjadi pertimbangan Mattel untuk memproduksi lini boneka bertema dirinya. Mattel bahkan mempersiapkan edisi khusus kolektor, berupa paket boneka Jokowi lengkap dengan action figure para jurnalis dan wartawan yang selalu mengikutinya ke mana-mana. (photo courtesy penaone.com)

Jokowi saat dalam perjalanan menuju tempat kampanye. Penampilan lugu dan polos Jokowi menjadi pertimbangan Mattel untuk memproduksi lini boneka bertema dirinya. Mattel bahkan mempersiapkan edisi khusus kolektor, berupa paket boneka Jokowi lengkap dengan action figure para jurnalis dan wartawan yang selalu mengikutinya ke mana-mana. (photo courtesy penaone.com)

Di akhir surat elektroniknya, Venkatesh mengatakan bahwa pihaknya tidak takut dengan persaingan dari perusahaan lain seperti Hasbro. Hak eksklusif lini mainan Jokowi akan menjadi milik Mattel, karena menurut Venkatesh pihak Mattel adalah yang paling berpengalaman mengenai manajemen produksi dan pemasaran mainan yang berbentuk boneka.

Berdasarkan data terakhir di tahun 2013, penjualan di industri mainan dunia turun 5 persen, sementara pangsa pasarnya menyusut 1 persen. Dalam data ini, termasuk di dalamnya kedua perusahaan tersebut.

Para analis berpendapat bahwa Hasbro dan Mattel membutuhkan figur populer dan pasar yang potensial untuk menaikkan kembali angka penjualan mereka. Indonesia dan Jokowi kemungkinan bisa menjadi solusi dari trend mainan yang sedang menurun tersebut. Pemegang hak eksklusif mainan Jokowi diperkirakan akan mendapat keuntungan besar bila menjual mainan bertema Jokowi, terutama bila sang capres memenangkan pemilihan presiden tahun ini.

Hingga tulisan ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak capres Jokowi mengenai ketertarikan dua perusahaan tersebut dalam memperebutkan hak atas mainan bertema dirinya. (Sha01)

====

DISCLAIMER

Iklan

Shaka

Other posts by

14 Responses

  • Barbie & Ken

    on June 3, 2014, 14:50:19

    lah, kan emang udah jadi boneka… hak miliknya oma presiden… tapi saya mendukung mattel, biar dibikin jadi ganteng kayak Ken… hahahaha

    Reply to Barbie
  • PIXAR

    on June 3, 2014, 14:55:14

    This is actually a very good beginning for us to create Toy Story 4. Well done!

    Reply to PIXAR
  • Handine

    on June 3, 2014, 15:32:32

    wooww.. This is so cool..

    Reply to Handine
  • Naufv

    on June 3, 2014, 15:43:38

    Om Redaksi, kenapa gak masukin Max Factory sama Good Smile Company juga? Kan unyu tuh kalo bakal jadi nendoroid Jokowi, bisa digonta-ganti juga faceplatenya sama nendoroid laen 😛

    Reply to Naufv
  • Shirou Inui

    on June 3, 2014, 16:02:18

    jauh amat
    yang deket aja dulu la
    produsen maenan nya bima aja.

    Reply to Shirou
  • Jimmy

    on June 3, 2014, 19:02:31

    Kenapa gak bikin bonekanya Prabowo Subianto?

    Reply to Jimmy
  • raffi

    on June 3, 2014, 19:47:53

    mendingan jadi action figure!! tapi punya banyak joint nya, kayak action figure spider man gitu gitu! atau mungkin bandai juga tertarik?

    Reply to raffi
  • ninano

    on June 3, 2014, 21:34:15

    Wah Action figure Jokowi!!!! JK dan prabowo dijual terpisah :)))

    Reply to ninano
  • Fotodeka

    on June 4, 2014, 02:39:21

    =))) hasyuuuu *salto* *ngakak pol*

    Reply to Fotodeka
  • Bagonk

    on June 4, 2014, 04:13:32

    wah gak ada yang 1/6 ya, yaudah cari HS nya saja buat di-kitbash, ane berharap ada produsen 1/6 resmi semacam hot toys ato SSC yang membuat figur jokowi

    Reply to Bagonk
  • Ngakak Habis

    on June 4, 2014, 08:38:29

    wakakakaka….mantaappp…ngakak habisss…

    btw..uda ada yg daftar berkenalan.com – https://berkenalan.com ga ya?
    Kayak nya asyik jg tuh bisa tukar2an kartu nama, bisa buat kartu nama online jg ya….jaringan sosial baru kayaknya…?

    Reply to Ngakak
  • Griya Kuliner

    on August 25, 2014, 19:29:04

    Siap-siap booming di pasaran menjelang 2019…. Wkwkwk………..

    Reply to Griya


FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS