Iklan
LATEST TWEET

Pengamat: Pemerintah Harus Tindak Situs Pemuja Alien Radikal!

May 16, 2014       Pendidikan, Politik, Sosial, z_Editor's Choice, z_Featured      
Logo situs allalien.com dan voaliens.com. Kedua situs ini disinyalir sebagai corong media pemuja alien radikal, dan menyebarkan paham kebencian. (pic by POS RONDA)

Logo situs allalien.com dan voaliens.com. Kedua situs ini disinyalir sebagai corong media pemuja alien radikal, dan menyebarkan paham kebencian. (pic by POS RONDA)

JAKARTA, POS RONDA – Pengamat media dari lembaga Generasi Indonesia Bijaksana (GIB), Razin Alamsyah, memperingatkan pemerintah dan pihak berwenang untuk segera menindak dua situs internet yang ditujukan bagi para pemuja alien beraliran radikal.

Dua situs tersebut, allalien.com dan voaliens.com, menurut Razin, menyebarkan konten berupa tulisan-tulisan yang berisikan materi ajakan kekerasan, informasi yang menyesatkan, serta berpotensi mengancam toleransi keberagaman di Indonesia.

“Pemerintah harusnya menyadari bahwa situs-situs seperti ini adalah musuh dalam selimut yang berbahaya. Mereka menyebarkan propaganda mengenai superioritas makhluk asing, alien, tapi mereka menyampaikannya dengan cara yang tidak baik, diantaranya mengajak para pemuja alien memusuhi, bahkan memusnahkan orang-orang lain yang tidak mengakui keberadaan alien.” ujar Razin dalam sebuah konferensi pers  di Jakarta, pagi ini (16/5).

Jumlah para pemuja alien di Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data terakhir dari organisasi internasional Asian Interfaith Studies, kini hampir tujuh  persen dari penduduk Indonesia secara terbuka mengakui bahwa mereka memuja organisme makhluk asing dari luar bumi, atau biasa disebut alien.

Menurut Razin, para pemuja alien ini pada dasarnya merupakan penganut ajaran dan kepercayaan Astronot Kuno (Ancient Astronaut) , yang menyebutkan bahwa keberadaan manusia dan peradabannya di bumi merupakan hasil dari campur tangan mahkluk asing di masa lampau.

Berawal dari thesis Erich von Daniken dalam bukunya yang diterbitkan di Jerman dan Amerika Serikat AS) tahun 1968, Chariots of the Gods, teori Astronot Kuno kini berkembang memiliki banyak aliran. Beberapa diantara aliran tersebut kini bersifat radikal dan menyebarkan ajaran bahwa manusia sebenarnya diciptakan oleh para alien, sebagai bentuk eksperimen mereka dalam mencoba menciptakan spesies sempurna.

Erich von Daniken. Penulis buku Chariots of the Gods, yang menjadi awal mula popularitas teori Astronot Kuno. Kini, teori tersebut memiliki berbagai aliran, termasuk yang menjadikan Astronot Kuno sebagai kepercayaan dan bersifat radikal. (photo courtesy truthopia.wordpress.com)

Erich von Daniken. Penulis buku Chariots of the Gods, yang menjadi awal mula popularitas teori Astronot Kuno. Kini, teori tersebut memiliki berbagai aliran, termasuk yang menjadikan Astronot Kuno sebagai kepercayaan dan bersifat radikal. (photo courtesy truthopia.wordpress.com)

Pemuja alien dalam aliran radikal percaya bahwa pencipta manusia dan peradabannya adalah para alien, yang akan kembali suatu saat di masa depan untuk menjemput umat manusia. Situs allalien.com dan voaliens.com disinyalir merupakan corong media dari aliran tersebut di Indonesia.

Kedua situs tersebut tampak dikelola secara profesional dan memiliki konten yang kurang lebih serupa: berita-berita yang berhubungan dengan sepak terjang individu-individu para pemuja alien di Indonesia dan seluruh dunia, artikel pengetahuan, studi, dan ajaran-ajaran mengenai teori Astronot Kuno, serta opini para pemuka pemujaan alien.

Meski demikian, terdapat agenda dominan bahwa artikel berita, informasi, dan opini tersebut berujung kepada usaha yang disebut dalam kedua situs sebagai asimilasi, yaitu mengajak orang-orang untuk ikut menjadi pemuja para alien.

Razin bereaksi keras terhadap proses asimilasi tersebut. Menurutnya asimilasi di sini merupakan proses kekerasan baik secara mental maupun fisik. Melalui propaganda dan artikel-artikel yang sebetulnya berisi hoax, mereka berusaha mencuci otak para pengikut pemujaan, serta ingin menarik para orang-orang lain untuk ikut menjadi sama seperti mereka. Bila tidak bisa, asimilasi ini bisa berubah menjadi hipnotis atau kekerasan fisik, paksaan untuk bergabung.

“Ini kan berbahaya karena mereka membenci perbedaan yang dimiliki orang lain, dan parahnya situs seperti ini malah mengajak orang lain untuk menjadi tidak toleran. Membodohi publik. Toleransi adalah bagian dari budaya Indonesia. Pemerintah melalui kementerian dan pihak berwenang terkait harusnya bersikap tegas, blokir situs-situs seperti allalien dan voaliens. ” tegasnya.

Salah satu metode yang paling umum digunakan adalah menggunakan nama figur publik untuk memberikan pernyataan dan mengubahnya sebagai hoax murni tanpa pernyataan disclaimer apapun.

Dalam situs allalien.com tertanggal akses 15 Mei 2014, pada laman utama terdapat tajuk berjudul ‘Tsoukalos: Para penentang Keagungan Alien harus dimusnahkan segera!’.  Artikel yang berbentuk opini tersebut menggunakan nama Giorgio Tsoukalos, seorang penulis, presenter televisi, dan pendukung teori Astronot Kuno. Dalam artikel tersebut, Tsoukalos menganjurkan kepada para pemuja alien, agar orang-orang yang tidak percaya atas keberadaan alien harus dijadikan musuh bersama.

Laman utama situs allalien.com tertanggal akses 15 Mei 2014. Terdapat tajuk opini yang menggunakan nama Giorgio Tsoukalos. Tsoukalos sendiri membantah bahwa dirinya menulis opini tersebut. (pic edited and arranged by POS RONDA)

Laman utama situs allalien.com tertanggal akses 15 Mei 2014. Terdapat tajuk opini yang menggunakan nama Giorgio Tsoukalos. Tsoukalos sendiri membantah bahwa dirinya menulis opini tersebut. Terdapat pula tajuk mengenai usaha asimilasi di Amerika Serikat. (pic edited and arranged by POS RONDA)

Tsoukalos sendiri saat dikonfirmasi oleh POS RONDA melalui surat elektronik, membantah telah menulis opini tersebut.

“Saya memang mendukung teori Astronot Kuno, tapi saya tidak pernah mengeluarkan pernyataan segila itu. Mereka mencatut nama saya untuk mengatakan hal-hal yang tidak pantas. Ini mengkhawatirkan dan menakutkan.” tulis Tsoukalos.

Kekhawatiran akan metode-metode tersebut tidak hanya dilontarkan oleh Razin dan Tsoukalos. Nia Ayleswari, seorang blogger aktif dan anggota sebuah forum online, juga mempersoalkan keberadaan situs tersebut. Ia mengaku bahwa keberadaan situs dan para pemuja alien itu malah mengganggu kenyamanan berinternet.

Alih-alih berlaku baik di blog ataupun forum, menurut Nia, mereka lebih suka untuk melakukan spamming, menyalin-rekat hampir seluruh situs tersebut ke kolom komentar atau bahasan di forum.

 “Saat kita ingin diskusi dan berbeda pendapat, yang mereka lakukan malah berkata kasar, hit-and-run, dan menyumpahi bahwa kami tidak akan diajak ke luar angkasa oleh alien-alien itu. Yang paling parah kontennya, itu lho, isinya hanya provokasi mengajak orang untuk benci orang lain. Seakan mereka itu orang-orang yang paling tidak bahagia di dunia, lalu mengajak orang lain untuk tidak bahagia juga.” keluhnya.

Nia juga mengharapkan agar situs-situs yang bertema serupa ditertibkan. Sebagai pembayar pajak, ia berharap pemerintah menjalankan tugasnya dengan baik agar tercipta suasana yang nyaman dalam berinternet.

“Buat apa kita bayar pajak, kalau pajaknya hanya untuk membiarkan situs-situs seperti itu tetap ada? Kita memang ingin kebebasan dalam berinternet, tapi kita juga sadar bahwa kebebasan itu harus tetap ada tanggung jawabnya. Karena pengguna internet itu terdiri dari bermacam-macam kepribadian dan latar belakang, seharusnya yang dikedepankan adalah toleransi, bukan hate speech.” pungkasnya. (sha01)

===

DISCLAIMER

Iklan

Shaka

Other posts by

15 Responses

  • Alieber

    on May 17, 2014, 11:03:42

    Dasar kalian pendusta, makhluk kasta rendah berotak sempit!
    Tunggu saja saatnya, ketika Paduka Agung Alien menampakkan dirinya, kalian semua akan dibasmi ! Terutama redaksi yang sudah berani membangkang Paduka Agung Alien.
    Dan aku akan ketawa dari mothership, menyaksikan tubuh kalian berlubang tertembus phasers, muahhaahahahhahaa

    Reply to Alieber
  • Dini

    on May 18, 2014, 14:07:49

    wakakakaka….
    Lucuuu…kreatif bikinnya..
    btw..ngomongin kreatifitas anak bangsa…uda ada yg daftar berkenalan.com (https://berkenalan.com) ga ya?
    Kayak nya asyik jg tuh bisa tukar2an kartu nama, bisa buat kartu nama online jg ya….jaringan sosial baru kayaknya…?

    Reply to Dini
  • Laksmana Hanif

    on May 18, 2014, 16:28:47

    Reblogged this on Sang Pencari Ilmu and commented:
    Tertibkan semua situs pemuja alien radikal! Hahaha.

    Sindiran bagi banyak situs yang belakangan ini ramai dan suka mengadudomba, entah dalam hal politik lah, agama lah, pendidikan lah, ini lah, itu lah, meh, kelihatannya semua hal bisa saja dijadikan alat untuk memecah persatuan antar masyarakat, antar umat beragama, antar sekolah, antar golongan apapun lah. Dan aku lumayan suka kalimat terakhirnya, “Pengguna internet itu terdiri dari bermacam-macam kepribadian dan latar belakang, seharusnya yang dikedepankan adalah toleransi, bukan hate speech.”

    Mungkin ada orang, golongan atau suatu tindakan yang tidak kita sukai, namun, perlukah ketidaksukaan itu berujung pada menghasut orang-orang untuk sepaham dengan kita dan memerangi orang yang berbeda pemahaman? :)

    Reply to Laksmana
  • Tukang Pantau

    on May 19, 2014, 18:22:18

    ada ormas alien ga? mau dong daftar

    Reply to Tukang
  • Fionna

    on May 22, 2014, 15:01:40

    Serial dokumentar nya ada di National Geographic channel tuch. Sampai ada tentang Indonesia segala. Candi Borrobudur dan rumah Toraja dibilang pesawat alien, gan. Qkqkqkqk…

    Reply to Fionna
  • reynald

    on May 23, 2014, 00:42:18

    Ada yg kurang..

    Si kaum pemuja alien jg suka ngomong
    Bahwa mereka dizalimi dan kalo bikin masalah. Krn itu berasal dari konspirasi galaxi alien dari galaxi yg lain..

    *-________-

    Reply to reynald
  • Eujeth

    on May 23, 2014, 17:17:41

    Ah tai. al-islam ama voa-islam kan yang dispat?

    Reply to Eujeth
  • Clara Ingewati

    on May 27, 2014, 09:31:07

    nyindir VOA Islam hihihi :mrgreen:

    Reply to Clara
  • supriadi

    on May 29, 2014, 17:15:49

    Thanks bust dini…ane uda daftar berkenalan.com – https://berkenalan.com
    mayan jg sih bisa bikin kartu nama online jadi ga usa cetak2 kartu nama atau bawa2 box kartu nama..
    thx dini ya..

    Reply to supriadi
  • Molly

    on August 8, 2014, 11:36:13

    What a stuff of un-ambiguity and preserveness of valuable experience regarding
    unexpected feelings.

    Reply to Molly
  • cool wordpress themes 2014 free

    on August 10, 2014, 12:53:29

    You might have even looked at the postings in the personals section.
    Know for sure that the correct forms are being used. Taiwan is a special camera, to determine very fast, just.

    Reply to cool
  • donny

    on March 10, 2015, 03:07:03

    ada2 saja memuja alien
    memang alien peduli sama kita

    Reply to donny
  • ayylilmayo

    on February 27, 2016, 12:01:33
  • dearryk

    on May 16, 2014, 15:07:20

    Sindiran nih buat situs-situs yang suka adu domba. Semoga Tsoukalos juga baca tulisan ini 😀

    Reply to dearryk


FOLLOW US

ARTIKEL LAWAS